hajikalsel.kemenag.go.id



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Sabtu tanggal 27-04-2024 09:50:32 WITA

Kemenag Kalsel Bersiap Memulai Operasional Pemberangkatan Jamaah Haji 2024



Banjarmasin (Kemenag Kalsel)  - Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan Dr. H. Eddy Khairani Z, S.Ag., M.Pd.I mengungkapkan jamaah haji Kalsel tahun 2024 sudah siap berangkat dengan kondisi sehat dan baik, karena untuk tahun 2024 syarat untuk melakukan pelunasan kalau sudah dinyatakan sehat oleh Petugas Kesehatan.

“Sampai hari ini kita terus mempersiapkan untuk pemberangkatan jamaah haji, saat ini kita masih melakukan bimbingan manasik haji di Kabupaten/kota se Kalimantan Selatan dan hari ini sudah ada sebagian yang menyelesaikan,” ungkapnya saat live bersama RRI Pro 1 Banjarmasin dalam program Banjar Realita Kalsel Bersiap Berangkatkan Jamaah Haji 2024, Kamis (25/04/24).

Untuk kesiapan keberangkatan kloter pertama jamaah haji Kalsel terangnya, pihaknya sudah melakukan tahap finalisasi untuk kelengkapan dokumen jamaah haji. “Paspor dan juga premanifest sekarang sudah kita selesaikan input premanifest ke sikhohat. Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi semua visa jamaah bisa terbit oleh Kementerian,” ungkapnya.

Dari segi fisik layanan ungkap Eddy, pihak asrama haji juga sudah menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan haji ramah lansia sesuai dengan tagline haji tahun ini yang masih mengangkat tagline haji ramah lansia.

Begitu juga dengan petugas haji, tahun ini kata Eddy lebih diperkuat lagi sehingga pelayanan lebih maksimal lagi dengan adanya petugas khusus yang melayani jamaah disabilitas dan lansia. “Kemudian tahun ini sesuai dengan kebijakan Arab Saudi dan diikuti oleh Kementerian kita, diutamaakan isthithaahnya sehingga meskipun lansia Insyaallah sehat-sehat semua,” ujarnya.

Disamping itu kata Eddy, tahun ini ada kebijakan pemerintah membuka pendamping lansia sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. “Insyaallah tahun ini lancar dengan Isthithaah yang ketat dan adanya pendamping lansia dari pihak keluarga dan petugas kita juga sudah siap melayani,” ujarnya.

Sesuai dengan tagline haji ramah lansia sambung Eddy, untuk teknis pelayanan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam satu kloter ada 5 orang petugas yang akan mendampingi jamaah nantinya, yaitu ketua kloter, pembimbing ibadah dan dokter, ditambah dengan 2 orang perawat. “Selain 5 orang petugas kloter pendamping jamaah haji nantinya tambah Eddy, juga ada Petugas Haji Daerah (PHD). “Insyaallah ini akan cukup membantu,” ujarnya.

Untuk jemaah haji Kalsel yang akan berangkat tahun ini, Eddy berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan stamina dengan rajin berolahraga ringan habis shalat subuh dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“Ibadah haji adalah ibadah yang dilakukan diluar negeri dan tentunya memiliki perbedaan dari segi budaya, adat istiadat dan tentunya bahasa. Maka kami harapkan untuk jemaah haji untuk selalu menjaga nama baik Bangsa Indonesia dan Banua,” pesannya.



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 50 kali,
Bagikan Halaman Ini